Selasa, 30 September 2014

Kuliner

Nasi Becek

Nasi Becek, pasti teman teman baru mendengar makanan ini. Kuliner ini memang kurang populer di area luar kota Nganjuk. Tapi di daerah asalnya, penganan ini sudah tidak asing lagi. masyarakat Nganjuk biasa menyebut kuliner ini dengan sego becek. Mendengar namanya teman - teman pasti mengira bahwa makanan ini ada disaat hujan dan dijual di tempat yang banyak tergenang air di sekitarnya alias becek. Ini berbeda.  

source: panoramio.com
source: panoramio.com

Nasi Becek ini adalah hidangan  yang mirip dengan kari atau kare kambing
source: http://gastronomyaficionado.files.wordpress.com/

Isi dari Sego Becek atau Nasi Becek ini nyaris serupa dengan soto babat, namun diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya. Biar menambah kegurihannya, tidak lupa diberi potongan bawang merah yang menambah kenikmatan rasa hidangan ini.




source: http://gastronomyaficionado.files.wordpress.com/


source: kota4ngin.blogspot.com
source: kota4ngin.blogspot.com
Secara keseluruhan, rasanya mungkin  mirip dengan  makanan sejenis yang ada di daerah Solo, Jawa Tengah, seperti tengkleng dan gule. Yakni cenderung manis dan tidak asin, berbeda dengan umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran yang cenderung asin.
Kalau para sobat traveler penasaran, berkunjunglah ke Nganjuk dan berjalan-jalan ke Jalan Dr. Soetomo, karena di sana banyak penjual Nasi Becek yang menjajakan dagangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar